5 Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi yang Perlu Anda Ketahui

Meskipun bukan termasuk penyakit menular, namun jumlah pengidap tekanan darah tinggi tidak bisa dikatakan sedikit. Bahkan ada beberapa kasus tekanan darah tinggi yang menimbulkan kematian. Padahal cara menjaga tekanan darah agar tetap stabil, tidak terlalu sulit yakni dengan rutin olahraga, istirahat cukup, dan konsumsi menu makan bergizi. Berbicara soal menu makan, berikut 5 jenis makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

5 Jenis Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
1. Buah Mentimun
Salah satu faktor yang dapat membuat tekanan darah tinggi adalah terlalu banyak asupan garam (natrium) serta terlalu sedikit kalium dalam menu makan yang dikonsumsi. Hal tersebut karena adanya kadar garam yang berlebih dalam tubuh dapat mengikat banyak air, sehingga bisa membuat volume darah menjadi meningkat. Lantas, apa hubungannya dengan mentimun?

Ternyata dalam mentimun mengandung banyak kalium. Dimana kalium adalah elektrolit yang akan membantu mengatur jumlah natrium (kandungan dalam garam) yang ditahan oleh ginjal. Dengan kata lain kalium memiliki peranan untuk mengontrol tekanan darah. Namun tidak hanya kalium, mentimun juga kaya akan vitamin C dan antioksidan seperti keratenoid dan tokoferol yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengontrol atau menurunkan tekanan darah.

2. Buah Beri
Buah yang termasuk dalam kelompok beri, terutama blueberry ternyata kaya akan senyawa alami yang disebut flavonoid. Mengacu pada sebuah studi, rutin konsumsi makanan dengan kandungan senyawa flavonoid dapat mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah. Buah buahan kelompok beri, seperti blueberry, rasberry, dan stroberi bisa membantu dalam mengontrol tekanan darah. Caranya bisa di tambahkan dalam menu harian atau menu diet.

3. Sayuran Hijau
Tidak hanya beberapa buah, sayuran hijau juga bisa digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Pasalnya sayuran hijau memiliki kandungan kalium, yang bisa membantu ginjal menyingkirkan kelebihan natrium dalam tubuh melalui urine. Lantas apa saja yang termasuk dalam sayuran hijau? Sebut saja sayur seperti bayam, kubis, selada romaine, lobak hijau, hingga bit hijau. Namun ada baiknya menghindari sayuran kemasan, sebab kebanyakan sudah ditambah dengan natirum.

4. Susu Skim dan Yoghurt
Tidak hanya olahan makanan saja, susu skim bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Hal ini karena susu skim adalah sumber kalsium yang sangat baik dan rendah lemak, cocok untuk diet guna menurunkan tekanan darah. Namun jika tidak suka susu skim, bisa diganti dengan konsumsi yoghurt. Pasalnya menurut American Heart Association, konsumsi lima porsi atau lebih yoghurt dalam seminggu akan mengalami 20 persen penurunan risiko terkena tekanan darah tinggi.

5. Buah Bit
Buah yang kebanyakan berwarna merah ini, ternyata termasuk salah satu buah yang bisa menurunkan tekanan darah. Pasalnya buah bit mengandung nitric oxide yang bisa membantu membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Tidak hanya itu. Menurut banyak ahli, kandungan nitrat dalam jus buah bit bisa menurunkan tekanan darah seseorang hanya dalam waktu 24 jam saja.

Olahan pangan dalam menu harian menjadi salah satu faktor terjadinya risiko tekanan darah tinggi, yakni dengan adanya kelebihan natrium (kandungan dalam garam). Oleh karena itu, agar tubuh terhindar dari risiko penyakit ada baiknya untuk memilih menu harian yang bergizi dan seimbang. Seperti rutin konsumsi 5 jenis makanan yang telah dijelaskan dalam ulasan ini. Namun, Anda juga perlu mengimbanginya dengan rutin olahraga dan istirahat yang cukup.
5 Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi yang Perlu Anda Ketahui | Abang Zaen | 5